Sunday, December 27, 2015

Jangan Buru-buru!! Bacalah Artikel di Internet Dengan Teliti dan Cermat

Membaca Artikel
Membaca Artikel di Internet

Jawab yang jujur ya, pleassseeeeee!!!!! hehehe...
Seberapa teliti dan cermatkah anda membaca suatu artikel di internet? Baik itu artikel yang berasal dari blog atau situs berita.
Pengalaman saya dalam membaca artikel seperti ini :

Pertama : Ketika baru pertama kali mempunyai smartphone, mencari berita sangatlah mudah di internet. Artikelnyapun saya baca dengan teliti dan detail.

Kedua : Setelah menjadi kebiasaan, membaca di internet mulai saya percepat dan kadang hanya mencari inti beritanya saja.

[Ternyata salah]

Pengalaman yang nomer 2 diatas itu ternyata sangatlah salah dan tidak menguntungkan bagi saya. Itu saya sadari setelah mencoba untuk membaca suatu artikel dengan lebih teliti lagi.

<<>>

"Ini sih dari pengalaman saya pribadi ya dan mudah-mudahan juga bisa membantu teman-teman semua dalam membaca artikel di internet."

Ada sedikit alasan yang membuat membaca cepat-cepat dan bahkan melompat-lompat itu tidak baik bagi saya :

1. Tidak mendapatkan isi yang lengkap

Kebiasaan terburu-buru ini membuat saya tidak mendapatkan isi artikelnya secara lengkap, kadang disana saya merasa ada yang kurang.

Akhirnya setelah membaca ulang lagi, barulah saya menyadari betapa kelirunya kalau membaca tidak cermat dan teliti.

Informasi yang penting ternyata sering dilewati dan akhirnya sayapun tidak mendapatkan pemahaman yang baik.

2. Banyak informasi tambahan yang terlewatkan

Sering dalam suatu artikel ada informasi-informasi tambahan baru yang masih berhubungan dengan topik utama.

Informasi seperti inilah yang saya sering lewatkan ketika membaca terburu-buru dan akhirnya informasi inipun lewat tanpa pernah terdeteksi oleh mata.

Setelah membaca lebih teliti dan cermat lagi, ternyata banyak sekali informasi tambahan yang bisa diperoleh dalam satu artikel dengan topik tertentu. Pengetahuan pun jadi bertambah, betul kan?

3. Mempelajari gaya bahasa

Membaca dengan teliti membuat kita bisa memahami gaya bahasa yang digunakan oleh si penulis. Saya bisa mempelajari hal ini dan kemudian bisa diterapkan dalam tulisan-tulisan yang ada di blog ini.

Semakin banyak gaya bahasa yang diketahui, maka akan bisa memperkaya kemampuan saya dalam menulis artikel. Dengan harapan pembaca akan semakin getol saja membaca artikel-artikel saya yang lain.

4. Melatih kecermatan dan ketelitian

Betul kan? Semakin teliti dan cermat dalam membaca, maka kemampuan kita dalam hal ini juga akan semakin bertambah.

Mungkin tidak hanya dalam hal membaca saja, dalam bidang yang lain pun kita akan terbawa aroma dari teliti dan cermat ini.

Dengan lebih teliti dan cermat dalam berbagai bidang, tentunya hasil yang lebih baik bisa kita dapatkan dan pada akhirnya kita sendiripun puas dengan pencapaian tersebut.

[Kesimpulan]

Nah, hanya dengan membaca lebih teliti dan cermat, saya bisa mendapatkan banyak manfaat lho. Semoga teman-teman merasakan hal yang sama ketika membaca suatu artikel di blog atau lainnya.

@Sekolah

Apalagi dalam hal pelajaran di sekolah, janganlah terburu-buru untuk membaca suatu buku. Bacalah dengan cermat dan teliti sehingga berbagai informasi penting bisa diperoleh tanpa takut terlewatkan karena terburu-buru.

*****************

Semoga bermanfaat ya...

Baca juga :

  1. Membaca bisa membuat kita bahagia lho
  2. Manfaat unik membaca yang mungkin belum diketahui
  3. Membuat anak gemar membaca
  4. Inilah manfaat sering online di internet


reff : http://puteka85.blogspot.com/2015/06/jangan-buru-buru-bacalah-artikel-di-internet-dengan-teliti-dan-cermat.html


Related video : Jangan Buru-buru!! Bacalah Artikel di Internet Dengan Teliti dan Cermat


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.