Monday, December 28, 2015

Jika Motivasi Menulis Sering Naik Turun, Bagaimana?

Ada pertanyaan menarik seputar motivasi menulis dari teman saya di sini?

?Saya sering tidak fokus dalam menulis, sering mendapat motivasi tapi motivasi tersebut cepat meluntur, bagaimana tips dan kiat agar motivasi menulis meningkat ??

Banyak lagi pertanyaan lain tentang langkah atau cara meningkatkan motivasi menulis serupa itu.

Jawab:

Semangat menulis naik turun merupakan hal biasa dalam dunia penulisan, khususnya dalam belajar menulis buku. Orang sering begitu bersemangat ketika di awal memulai sesuatu. Namun seiring waktu, perlahan motivasi menulis itu meluntur.

Bagaimana sebaiknya? Berikut ini tipsnya?

1. Ingat kembali tujuan menulis anda

Apa tujuan anda menulis? Coba tenangkan diri anda. Lihat kembali tujuan anda melakukannya. Apa yang ingin anda capai dari menulis. Apakah untuk mengekspresikan diri? Apakah untuk menghidupi keluarga? Apakah untuk membantu orang lain meraih kehidupan yang lebih lebih baik? Atau apa?

Coba ingat lagi tujuan anda menulis. Perjelaslah tujuan tersebut. Tujuan tersebutlah yang akan mendorong anda untuk tetap kuat terus semangat menulis.

2. Singkirkan Stress

Ketika motivasi anda menurun, mungkin saja anda sedang stres. Tekanan lingkungan sedang menghimpit anda. Dan itu sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental anda.

Coba pikirkan baik-baik kondisi anda saat ini. Apakah stres yang anda alami ini berat atau ringan? Bila ringan, singkirkan agar anda bisa fokus pada goal anda! Jika masalahnya berat, selesaikan masalah itu, segera! Setelah itu barulah anda dapat dengan enteng berfokus pada goal. Bila masalah besar itu tidak anda selesaikan segera, anda akan terpasung.

3. Sharing dengan teman satu minat

Saat semangat anda down, mungkin anda perlu berbagi (sharing) dengan teman anda yang sama-sama penulis. Anda bisa ngobrol dengan teman anda. Anda ceritakan masalah anda pada mereka. Mungkin mereka punya solusi yang bisa membuat semangat menulis anda kembali bangkit.

Saya sering melakukan hal ini. Ketika semangat sedang down, saya paksakan diri saya untuk bertemu teman satu minat. Hasilnya tidak sia-sia, semangatpun muncul seketika. Jangankan mendengar masukan positif dari mereka, melihat wajah mereka saja sudah bikin saya semangat. Apakah anda juga pernah merasakan hal yang serupa?

4. Ikuti pelatihan menulis.

Mengikuti pelatihan menulis juga akan membuat Anda bergairah karena, pertama, Anda akan menemukan banyak pengetahuan segar disana. Kedua, anda akan menemukan kumpulan orang yang bergairah. Rumusnya begini: Lesu + Banyak Pengetahuan Segar + Banyak Gairah = Sangat Bergairah.

5. Minta Pada Yang Maha Kuat

Setiap persoalan pasti ada solusinya. Cara tercepat untuk menenangkan diri dan bersiap untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT. Dekatkan diri anda pada-Nya. Perbanyak doa. Anda pasti diberi bila meminta pada-Nya. Tidak ada doa yang sia-sia. Bila anda lemah, mintalah pada Yang Maha Kuat! Ini adalah logika sederhana yang cocok untuk siapapun dan di zaman apapun.

Terakhir? Saya ingin berbagi pengalaman. Ketika saya sedang mengalami kondisi yang kurang bersemangat?

Maka saya akan tanyakan pada diri saya. Sampai kapan saya kurang termotivasi seperti ini? Sementara di depan sana, ada tujuan yang harus saya kejar. Bukan demi diri saya sendiri, tapi demi tujuan yang saya cintai: menuliskan solusi untuk masalah orang banyak. Untuk itu, saya harus bangkit! Bangkit! Bangkit!

Yes! Saya akan kepalkan tangan saya ke atas sambil meneriakkan kata-kata yang penuh semangat, ?Saya Bisa!?

Bagaimana dengan anda, apakah anda punya pengalaman menarik seputar motivasi menulis? Mari berbagi bersama di kolom komentar.

Artikel Terkait:

1. Kursus menulis online
2. Sekolah menulis online

Kata Kunci Artikel Ini: Kursus belajar keterampilan bagaimana, tips, kiat, teknik, langkah, panduan dan cara yang baik menulis, cara penulisan, penulisan, novel, artikel, cerpen, karangan lainnya. Motivasi menulis



reff : http://caramenulisbuku.com/caramenulisbuku/solusi-mengatasi-motivasi-menulis-menurun.htm


Related video : Jika Motivasi Menulis Sering Naik Turun, Bagaimana?


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.