Saturday, January 2, 2016

Manfaat Ijazah SMA Ketika Mau Lulus Kuliah

Ijazah
Ijazah
Ketika pertama kali akan menginjakkan kaki di bangku kuliah, tidak pernah terpikir apakah ijazah SMA ini akan dipakai. Tapi berkat saran dari teman dan guru, sebaiknya bawa saja kopian ijazah SMA yang sudah di legalisir, untuk jaga-jaga siapa tahu nanti dipakai.

Untuk mendaftar kuliah, ijazah SMA memang sangat diperlukan, tapi yang akan saya ceritakan sekarang adalah ketika proses kuliah sudah mau selesai.

[Hanya legalisir]

Sayapun kemudian membuat beberapa legalisir ijazah untuk dibawa serta ke tempat dimana saya melanjutkan belajar, yaitu Jogjakarta. Saya sendiri berasal dari Bali dan pergi naik bis selama 18 jam agar bisa menempuh pendidikan disana.

[Setelah mau selesai kuliah]

Singkat cerita saya sudah mau ujian skripsi dan disinilah saya merasa beruntung telah membawa beberapa lembar kopian ijazah yang sudah dilegalisir. Waktu itu saya akan mendaftar untuk ujian skripsi atau untuk kelulusan saya (maaf saya lupa yang mana, soalnya sudah agak lama sih, hehehe).

Pokoknya saya diminta untuk mengumpulkan kopian ijazah SMA yang sudah dilegalisir. Untungnya saya bawa dan tidak perlu harus menyuruh orang tua mengirimkannya dari rumah. Asyikk..

[Syaratpun akhirnya lengkap]

Akhirnya saya pun bisa melengkapi persyaratan untuk ikut ujian skripsi atau kelulusan. Prosesnya pun berlangsung lancar dan saya berhasil menyelesaikan persyaratan administrasi dengan baik.

Sekarang tinggal menunggu saat wisuda saja dan untuk mengisi waktu liburan, menonton film sampai puas di kos adalah pilihan yang menarik.. hehehehe...

[Tips ampuh]

Mungkin ada baiknya jika pertama kali akan kuliah :
"untuk membawa beberapa lembar kopian ijazah SMA yang sudah dilegalisir".
Apalagi kalau rumah dan tempat kuliah jauh seperti yang saya alami. Siapa tahu nanti akan dipakai untuk keperluan kuliah.

Mungkin setiap kampus memiliki aturan masing-masing, tapi tidak ada salahnya juga jika kita membawa kopian ijazah yang sudah dilegalisir tersebut. Sehingga ketika diperlukan kita sudah siap dengannya.

****************

Nah semoga bermanfaat ya..


Baca juga :

  1. Kuliah apakah hanya ke kampus dan belajar?
  2. Pengalaman kuliah
  3. Sambil kuliah dapat uang, coba ini
  4. Investasi yang cocok bagi pelajar SMA dan mahasiswa


reff : http://puteka85.blogspot.com/2015/04/manfaat-ijazah-sma-ketika-mau-lulus-kuliah.html


Related video : Manfaat Ijazah SMA Ketika Mau Lulus Kuliah


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.