Wednesday, February 3, 2016

Asam Manis Si Buah Gandaria

Buah gandaria yang masak mengandung banyak sekali vitamin C. Jadi bagus sekali untuk dikonsumsi. Setiap 100 gram buah terkandung 100 mg vitamin C. Selain itu juga terkandung beta karoten 23 mg (yang bagus untuk mata), kalsium, fosfat, zat besi, serat,tiamin, dan riboflavin.

Asam Manis Si Buah Gandaria

Kenal dengan buah gandaria? Saya yang asli orang Kalimantan awalnya juga tidak tahu, karena buah yang rasanya asam-manis ini di tempat saya disebut ramania. Bahkan, karena warna bijinya yang unik, yaitu ungu, maka warna ungu juga dikenal dengan istilah warna bigi ramania (=biji gandaria) dalam Bahasa Banjar (Kalimantan Selatan). Unik kan? Saya belum pernah menemukan keping biji tumbuhan lain yang warnanya ungu selain biji buah gandaria. Nama ilmiah tanaman ini adalah Bouea macrophylla. Gandaria hidup di dataran rendah 0 ? 500 m dpl. Ia adalah tumbuhan yang menyukai banyak air.
Teruskan Membaca ?

reff : http://novehasanah.blogspot.com/2014/03/asam-manis-si-buah-gandaria.html


Related video : Asam Manis Si Buah Gandaria


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.