Sunday, December 13, 2015

10 fakta unik tentang buta warna

Banyak orang yang kurang menggetahui tentang penyakit buta warna yang satu ini, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa orang yang buta warna hanya dapat melihat warna hitam-putih saja. Tapi tuhukah kalian apa penyebabnya ? kenapa bisa terjadi buta warna ?

Fakta-fakta tentang Buta Warna





1.Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warnahijaudanmerah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warnamerahdanhijau.

2.Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.

3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.

4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa
pekerjanya harus tidak buta warna.

5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishiharaakan dibahas di Bagian 4

6. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.

7. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialihfungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.

8. Artis terkenal yang buta warna diantaranya adalah

Mark Twain


Paul Newman


dan
Meat Loaf, Bing Cosby, Bob Dole.(masih banyak lagi)

9. Setiap orang yang buta warna terlahir buta warna (dari umur 0 tahun udah buta warna)

10. Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan "Warna apakah ini?"



reff : http://www.kepo.ga/2015/02/10-fakta-unik-tentang-buta-warna.html


Related video : 10 fakta unik tentang buta warna


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.