Saturday, December 26, 2015

Belajar Menguasai Dua Bahasa Asing Sekaligus

Language
Language
Mahir berbahasa asing di jaman modern seperti ini sangatlah penting dan terutama kita harus bisa berbicara bahasa inggris. Bahasa inggris sekarang sudah menjadi materi wajib bagi para pelajar mulai dari SD, bahkan dibeberapa sekolah bahasa asing lain juga sudah diajarkan.

Semakin dini mengenal suatu bahasa asing bagi pelajar maka itu menjadi modal yang sangat bagus karena mereka akan lebih mengerti setelah semakin lama mempelajarinya. Tapi bagi anda yang sudah bekerja dan ingin menguasai bahasa asing lainnya, maka cara ini bisa dicoba.

[Menguasai dua bahasa sekaligus]

Ketika pertama kali mempelajari suatu bahasa asing, rasanya pasti sulit, aneh dan membingungkan. Tapi jangan keburu menyerah seperti itu, seperti kata pepatah "All beginning is difficult", "Semua permulaan itu memang sulit", begitulah kira-kiri artinya.. (kira-kira kali)..

Misalnya anda ingin mempelajari bahasa perancis dan juga bahasa jepang. Maka siapkanlah masing-masing satu buku untuk setiap bahasa. Belilah buku yang berhubungan dengan percakapan sehari-hari, karena buku seperti ini sangat mudah dipelajari.

Setelah itu bacalah buku tersebut bergantian, misalnya sekarang membaca buku bahasa perancis, maka besok membaca buku bahasa jepang. Lakukan ini bergantian setiap hari dan latih terus sampai akhirnya anda jatuh cinta dengan bahasa ini.

[Cocok bagi yang tidak ingin kursus]

Cara ini saya formulakan bagi anda yang sibuk bekerja dan tidak ingin membuang uang untuk kursus. Tapi kalau anda memang harus segera menguasai bahasa asing ini untuk keperluan kerja, maka sangatlah baik jika dibarengi dengan kursus.

Bagi saya yang tidak diharuskan bisa menguasai kedua bahasa ini, maka saya menggunakan cara membaca buku bergantian seperti diatas. Hari ini membaca bahasa jepang dan besok membaca bahasa perancis.

Sembari bekerja saya sempatkan waktu membaca buku-buku ini sebentar dan benar-benar tanpa target apapun. Saya hanya ingin setidaknya bisa berkomunikasi dengan baik ketika ada orang-orang jepang atau perancis datang berkunjung ke kampung saya, Bali.

[Melakukan terus]

Kegiatan ini terus saya lakukan setiap hari dan kadang waktunya bisa 10 menit, 15 menit dan hampir tidak pernah menyentuh sejam. Ya ini karena saya juga bekerja dari pagi sampai malam, cara belajar mencicil seperti ini sangatlah efektif.

Setiap ada waktu kosong, maka saya akan mengambil buku tersebut dan membaca sambil menghafal beberapa kata-kata. Bukan hanya buku yang digunakan, sayapun menginstal aplikasi bahasa jepang dan perancis di smartphone dan bisa saya pelajari dimanapun dan kapanpun.

[Mengapa sih harus dua bahasa sekaligus?]

Awalnya saya hanya mempelajari bahasa jepang, itupun cuma pengucapan kata-katanya saja dalam huruf romawi (kalau huruf hiragana, katakana dan kanji saya tidak bisa). Jadi disini yang saya pentingkan hanya bisa berbicara saja.

Setelah beberapa lama akhirnya saya tertarik untuk belajar bahasa perancis, ini karena paman saya sering membawa tamu perancis dan jadinya ingin bisa berkomunikasi walaupun sedikit. Akhirnya sayapun memberanikan diri untuk mengorbankan uang didompet beberapa puluh ribu.

Hasilnya sayapun membaca kedua buku tersebut bergantian dan ternyata sangat menyenangkan juga belajar dua bahasa ini sekaligus. Kalau harus menunggu saya bisa bahasa jepang sampai mahir kemudian baru belajar perancis, rasanya sangat lama dan mungkin akan tidak pernah. Takutnya bahasa perancis tidak akan pernah saya sentuh, jadi solusinya adalah belajar keduanya sekaligus saja.

Ini karena saya jarang berkomunikasi dengan bahasa jepang dan otomatis kemampuan bahasa inipun tidak akan berkembang dengan pesat. Cara tercepat mempelarinya suatu bahasa adalah berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakan bahasa yang sedang dipelajari.

[Menjadi kencanduan]

Karena ingin segera bisa dua bahasa ini, akhirnya sayapun mengkombinasikan keduanya. Hari ini belajar bahasa perancis dan besoknya belajar bahasa jepang, terus seperti itu. Ya, mudah-mudahan nanti saya akan segera bisa menguasai kedua bahasa ini dengan baik. Pokoknya setiap ada waktu luang dimanfaatkan untuk membaca buku-buku ini.

Dengan harapan saya bisa berkomunikasi dengan tamu-tamu asing yang datang berkunjung ke Pulau Bali yang indah ini dengan baik dan lancar. Bagaimana dengan bahasa inggrisnya? Kalau itu sih sudah saya bisa dan sudah sering memakainya, hehehe..



Baca juga :

  1. Bahasa indonesia sama dengan bahasa inggris
  2. Keuntungan belajar bahasa baru di daerah asalnya
  3. Mengintip peluang blog berbahasa inggris
  4. Metode belajar bahasa asing "offline" dan "online"


reff : http://puteka85.blogspot.com/2015/03/belajar-menguasai-dua-bahasa-asing-sekaligus.html


Related video : Belajar Menguasai Dua Bahasa Asing Sekaligus


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.