Wednesday, January 20, 2016

Cerita Jus Jeruk Bintang 5 Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis

Cerita mengenai  3 botol Jus jeruk bintang 5 ini sangat bagus menjelaskan nilai seorang penulis yang memiliki potensi sama namun menghasilkan kualitas berbeda hanya karena pergaulan dan lingkungan yang mereka pilih. Cerita ini sangat bagus dijadikan pelajaran bagi siapa saja yang sedang belajar menulis buku.

Ada 3 botol Jus jeruk, ketiga botol jus tersebut di produksi oleh perusahaan yang sama.

Ketika hari distribusi tiba, sebuah mobil datang ke perusahaan itu, mengangkut kaleng kaleng Jus jeruk. Lalu berangkat menuju tempat yang berbeda untuk dipasarkan.

Pendistribusian pertama adalah warung kelontongan. Kaleng Jus jeruk pertama diturunkan disana. Minuman ringan itu dipajang di meja bersama banyak barang lainnya dan diberi label harga Rp. 2.500.

Pendistribusian kedua adalah super market elit. Disana, kaleng jus jeruk kedua diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan dalam wadah pendingin dan diberi lampu penerang supaya mudah terlihat konsumen dan dilabeli harga Rp. 5.000.

Pendistribusian terakhir adalah hotel bintang 5 yang super eksklusif. Kaleng terakhir Jus jeruk diturunkan disana. Kaleng ini tidak dipajang di meja atau di rak pendingin namun disimpan ditempat khusus yang hanya akan dikeluarkan jika ada pelanggan yang memesan. Dan bila ada yang memesan, kaleng ini dikeluarkan dengan pelayanan khusus. Dihidangkan oleh pelayan profesional, dibawa dengan baki perak nan mengkilap bersama dengan gelas kristal berisi es batu.

Dengan sopan pelayan hotel menyajikan sebotol jus jeruk itu ke pelanggan. Ia akan membuka tutup kaleng Jus jeruk itu. Lalu menuangkannya kedalam gelas. Dan anda bisa tebak harganya, Rp. 50.000.

Sekarang, pertanyaannya adalah: mengapa ketiga kaleng jus jeruk tersebut memiliki harga yang berbeda padahal diproduksi oleh perusahaan yang sama, didistribusikan dengan mobil yang sama bahkan dengan bahan dan rasa yang sama pula?

Itu semua bisa terjadi karena ?lingkungan? Jus jeruk tersebut mencerminkan harganya.

Ya, cerita diatas seperti mengatakan kepada kita: lingkungan anda mencerminkan harga diri anda. Di lingkungan yang tepat, harga sebuah kaleng Jus jeruk dapat dihargai dua kali atau bahkan sepuluh kali lipat dari kaleng Jus jeruk yang lain.

Pertanyaan berikutnya adalah: Bagaimana dengan kita?

Sudahkah kita memilih untuk berada di linkungan yang tepat, sehingga label harga diri kita juga akan meningkat dua kali, sampai puluhan kali lipat?

Apa yang dimaksud dengan lingkungan yang tepat?

Lingkungan yang tepat adalah lingkungan yang mendukung kita untuk mengembangkan potensi kita. Bisa jadi keluarga kita, anak istri kita, teman kita, bacaan kita, tontonan kita.

Maka, tidak salah bila banyak orang sukses mengatakan: ?Diri anda sekarang adalah buku apa yang anda baca dan siapa teman anda bergaul 5 tahun yang lalu.?

Itu artinya, kita secara sengaja telah menentukan nilai diri kita sekarang sejak 5 tahun yang lalu. Dan beginilah keadaan kita sekarang.

Atau dengan kata lain, berarti kita juga bisa dengan sengaja memilih lingkungan untuk meningkatkan nilai diri kita 5 tahun ke depan. Kita bisa dengan selektif memilih bacaan kita, teman bergaul kita, tontonan kita, organisasi kita dan komponen lain yang dapat mendukung dan mengembangkan potensi kita.

Bila dibawa ke dunia penulisan, apa yang dapat kita petik dari sekelumit cerita diatas?

Ya, jelas! Cerita diatas seolah bertanya kepada kita: Sudahkah kita memilih lingkungan yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menulis kita?

Ya, kawan, pilihlah lingkungan kita dengan baik dan teliti. Pilihlah lingkungan yang tepat untuk mengembangkan minat menulis kita. Pilihlah buku bacaan yang baik, pilihlah teman yang satu minat, carilah mentor alias guru, raihlah dukungan keluarga kita, rajin-rajinlah diskusi, dan banyak lagi aktifitas lain yang dapat mendukung minat kita.

Lakukanlah semua itu dan mulailah dari sekarang. Karena itu akan menentukan label harga kita 5 tahun dari sekarang. Atau bahkan lebih cepat dari itu.

Salam sukses.

Artikel Terkait:

1.  Kursus menulis buku
2. Kursus menulis online
3. Sekolah menulis online



reff : http://caramenulisbuku.com/caramenulisbuku/meningkatkan-kemampuan-menulis.htm


Related video : Cerita Jus Jeruk Bintang 5 Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis


Eris WiFi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.